Kamis, 23 Juli 2015

Galau Bukan Jalan Keluar

Sobat Skm.......
Perjalanan kehidupan didunia ini adalah abstrak, kita tidak pernah tau kejadian apa yang menimpa kita satu detikpun. Memanglah ghaib dan benar2 sebuah rahasia kehidupan yang tidak akan pernah terkuak. Dalam sela kehidupan kita pasti atau pernah dihadapkan dengan situasi sulit, pailit, susah atau pun sedih, situasi tersebut memang sering menemani keseharian kita, seperti contoh, kita ditinggal pergi untuk selamanya oleh sanak keluarga kita,  nilai raport kita tidak sesuai dengan yang diharapkan , Skripsi kita ditolak,
atau di Phk, dll. Ini lah contoh dari jutaan kejadian yang menggambarkan situasi sulit dan keterpurukan.
Sobat Skm.......
Banyak masalah dan kita terlalu dibuat pusing dengan masalah tersebut adalah sumber keterpurukan, yang menyebabkan hidup kita semakin gelisah, semakin terpuruk bahkan jadi frustasi, lalu bunuh diri. Banyak orang yang dibuat gelap hatinya karena kejadian yang menimpanya, seakan-akan tidak ada jalan keluar sehingga jalan menjadi buntu dan menyebabkan mata kita tertutup rapat dan menjadi kegalauan berkepanjangan. Galau memang ungkapan tenar era modern ini, galau menjadi bahasa tenar, seakan menjadi bagian yang wajib ada untuk menemani kehidupan kita dikala kesulitan menimpa. Mereka terlalu berfikir pendek, sehingg galau dijadikan modal utama untuk keluar dari permasalahan yang ada. Sehingga Nafsu dan Syetan berbisik untuk menyesatkan alam sadar kita, yang menyebabkan diri frustasi dan akhirnya Bunuh diri.
Sobat Skm.......
Galau bukan jalan keluar dari berbagai kesusahan yang menimpa kita, bahkan Galau adalah jalan ranjau yang fatal yang menyebabkan masalah semakin rumit, kesusahan semakin menjadi-jadi. Cobalah kita merenung sejenak, mana mungkin kesusahan akan hilang begitu saja dengan hanya melamun seorang diri, hanya dengan terlalu banyak berfikir akan kesusahan / kepailitannya bukan jalan keluar dari itu semua , sungguh tidak rasional, dan tidak proporsional. Belajarlah untuk berfikir jernih, positive thinking, dan Muhasabah diri. Hidup itu perlu etos kerja yang berkualitas, dengan menghadapi berbagai problematika dengan cara bijak dan sesuai dengan norma agama. Susah adalah situasi dimana jiwa kita diliputi dengan kebencian, kesedihan, keterpurukan dan buntunya pemikiran.
Sobat Skm......
Ada beberapa tips dari Saung Kang Muhri untuk menghadapi situasi dikala kesulitan menimpa diri, diantaranya :
1. Spiritual, temui sang Pemilik solusi di sepertiga malam dan di 5 waktu sujud yang telah Ia tetapkan sehari semalam, untuk meminta jalan yang terang benderang, dan dimudahkan dalam setiap urusan.
2. Merenung , artinya memikirkan akar permasalah dan segera mencari solusi.
3. Solusi, mencari jalan keluar dengan jalan terbaik, bertanya kepada orang yang kita percayai sebagai Problem Solving.
4. Refreshing, belajarlah melupakan masalah dengan berwisata bersama sanak keluarga dan teman-teman kita.
5. Action, kerjakan sesuatu yg baru , baik itu hoby kita, pekerjaan baru kita ataupun Pelaksanaan dari Planning kita, Insya Alloh akan membuat hati lebih tenang, tentram dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat, Silahkan tampilkan komentar dengan tutur kata yang sopan dan baik, komentar, kritik dan saran sangat Muhri harapkan untuk perubahan.....